Banyak Hajatan yang Batal dan Restoran Tutup Sebab Harga Ayam Turun Drastis


Pandemi Virus Corona saat ini membuat harga ayam di pasaran Kota Lubuklinggau dalam sepekan terakhir turun drastis. Pantauan Tribunsumsel.com di Pasar Inpres Lubuklinggau saat ini harga ayam jenis broiler (BR) dijual di kisaran Rp 25 ribu per kilogram.

Harga tersebuh mengalami penurunan dari sebelum-sebelumnya yakni dikisaran antara Rp 28 hingga 30 ribu per kilogram.

"Baru dua hari ini turun drastis, sekarang satu kilogramnya hanya Rp 25 ribu, kalau langganan kita kasih Rp 24 ribu per kilogram," kata Teti salah seorang pedagang Pasar Inpres Lubuklinggau pada Tribunsumsel.com, Senin (6/4/2020).

Pedagang berusia 43 ini menuturkan, turunnya harga ayam disebabkan kelebihan pasokan karena banyak restoran yang tutup serta banyak orang membatalkan hajatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

"Sekarang barang banyak pembeli sepi, jadi anjlok, dari pada tidak laku lebih baik jual murah, alhamdulillah dengan harga turun ini pembeli masih ada, tapi sedikit," ungkapnya.

Selain harga ayam broiler yang mengalami penurunan, ayam jenis Kingkong pun ikut mengalami penurunan, saat ini harga ayam Kingkong di pasaran hanya Rp 28 ribu per kilogram.

"Ayam broiler ini juga ikit turun, biasanya walau bagaimana pun harganya stabil sekarang ikut turun juga," tambahnya.

Sementara Malaka (60 tahun) pedagang lainnya mengungkapkan hal yang sama, biasanya dalam sehari ia mampu menjual ayam potong jenis broiler sebanyak 70 kg dalam sehari.

"Semenjak Virus Corona ini menghabiskan 30 kg sehari saja susah sekali, biasaya pukul 11 sudah pulang ke rumah, sekarang sampai pukul 16 pun kadang belum tentu habis," terangnya.

Sementara pantauan lainnya sejumlah kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik yakni gula pasir saat ini Rp 18 ribu per kilogram, bawang putih Rp 70 ribu per kilogram, bawang merah Rp 40 ribu perkilogram dan telur Rp 40 ribu per karpet.

Sedangkan, untuk harga cabai mengalami penurunan, saat ini satu kilogram cabai merah hanya 24 ribu, sementara untuk daging sapi masih stabil dikisar Rp 120 ribu per kilogram.

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah Hari Ini Turun Drastis, Tanda Pandemi Corona Akan Berakhir

Pelakor, Janda Tega Rebut Suami dari Istri yang Baru Melahirkan