Benarkah Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga? Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

VIVAnews – Sebuah akun Facebook bernama Putra Inka mengunggah tangkapan layar satu halaman artikel media Viva.co.id yang berjudul “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Dipakai Pemerintah Agar Kalian Masuk Surga”. Dalam tangkapan layar itu terlihat artikel tayang pada jumat, 5 Juni 2020 pukul 06.06 WIB.
Berikut ini narasi yang ditulis Putra Inka dalam akunnya:
“Dengerin Noh Kalau Simbah Ngomong Buat Yang Punya Dana Haji Dan Ndak Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Ikhlaskan Saja Dana Hajinya Di Pakai Pemerintah Tiket Surga Sudah Kalian Genggam Di Tangan.”
HASIL CEK FAKTA
Berdasarkan hasil penelusuran, foto tangkapan layar yang diunggah akun Putra Inka itu merupakan hasil suntingan atau editan. Penelusuran melalui indeks pencarian artikel pada resmi Viva.co.id pada tanggal dan jam yang sama ditemukan artikel asli yang berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.
KESIMPULAN
Judul artikel adalah suntingan atau editan sehingga dikategorikan konten yang dimanipulasi. Judul asli dari artikel yang ditayangkan oleh Viva.co.id pada Jumat 5 juni 2020 adalah berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.
RUJUKAN
https://www.viva.co.id/berita/nasional/1220019-jokowi-pusing-tangani-corona-ma-ruf-amin-hilang-ditelan-bumi
https://turnbackhoax.id/2020/06/08/salah-wapres-ikhlaskan-saja-dana-haji-dipakai-pemerintah-agar-kalian-masuk-surga/
Sumber artikel :vivanews

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah Hari Ini Turun Drastis, Tanda Pandemi Corona Akan Berakhir

Pelakor, Janda Tega Rebut Suami dari Istri yang Baru Melahirkan