Tersiar Kabar Maruf Amin Sebut Pemimpin Tak Berdosa Jika Rakyatnya Kelaparan, Simak Fakta Sebenarnya



MANTRA SUKABUMI - Dimassa Pandemi saat ini, memang tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan akan mengalami peningkatan.
Sebab, hampir seluruh sektor perekonomian terdampak dan alami penurunan, sehingga pendapatan masyarakat pun menjadi tidak stabil.
Bahkan, banyak perusahaan-perusahaan yang memberhentikan para pekerjanya dengan alasan mengurangi beban perusahaan karena ketidak stabilannya perekonomian dunia.
Oleh karenanya, setiap unsur dalam menghadapi pandemi ini harus saling bahu membahu membantu ketika ada masyarakat yang terdampak dan belum mendapatkan bantuan harus dapt diperhatikan. Supaya tidak terjadinya kasus kelaparan di tengah masyarakat karena imbas dari pandemi ini.
Namun, belum laman beredar kabar di media sosial Facebook tentang sebuah pernyataan dari petinggi negara RI yakni Wapres KH. Maruf Amin.
Pernyataan tersebut berkaitan dengan keadaan dilingkungan masyarakat jika ada yang kelaparan, maka orang terdekat akan berdosa, sementara para pemimpin tidak akan berdosa jika rakyatnya tersebut kelaparan.
Pernyataan tersebut tertuang dalam sebuah artikel hasil tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook Putra Inka, ia mengunggah tangkapan layar tersebut dari salah satu media daring.
Tampak pada tampilan layar tersebut, artikel berjudul “Wapres: Kita Berdosa Jika Melihat Tetangga Kelaparan Tapi Pemimpin Tidak Berdosa Kalau Rakyatnya Kelaparan” yang ditulis oleh Reporter, Fauziah Mursid dengan Redaktur, Muhammad Hafil.
Dalam unggahan tersebut, akun Facebook Putra Inka juga menambahkan sebuah status yang berisi narasi sebagai berikut:
“Jadi Bingung Kalau Begini Saya Sama Si Mbah Dengar Khotbahnya, Kita Yang Berdosa Dia Sama Mukiyo ndak Berdosa Aneh Bin Ajaib, Kata Alm Dono Warkop Gila Loeh Min,” tulisnya.

[SALAH] Wapres Ma’ruf Amin Sebut Pemimpin Tidak Berdosa Kalau Rakyatnya Kelaparan .*/turnbakchoax.id/MAFINDO
Tim Mantra Sukabumi melakukan penulusuran dengan mengutip dari situs turnbakchoax.id tentang unggahan tangkapan layar berita yang tayang pada Selasa, 28 April 2020 lalu tersebut, dapat dinyatakan bahwa unggahan akun Facebook Putra Inka adalah salah atau keliru.
Mengutip dari salah satu media pemberitaan daring republika.id, diketahui pada bagian indeks, jika kita mencari artikel yang tayang pada Selasa, 28 April 2020, Pukul 13.31 WIB, judul artikel aslinya adalah “Wapres: Kita Berdosa Jika Biarkan Tetangga Tidak Makan.”
Dalam artikel dengan judul “Wapres: Kita Berdosa Jika Biarkan Tetangga Tidak Makan”, tidak ditemukan pernyataan dari Wakil Presiden Maruf Amin yang mengatakan pemimpin tidak berdosa jika rakyatnya ada yang kelaparan.
Dengan begitu gambar tangkapan layar dan narasi yang dibuat dan diunggah oleh akun Facebook Putra Inka merupakan informasi yang keliru.
Berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft informasi tersebut dapat dikatakan sebagai Konten yang Dimanipulasi atau Manipulated Content.**

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah Hari Ini Turun Drastis, Tanda Pandemi Corona Akan Berakhir

Pelakor, Janda Tega Rebut Suami dari Istri yang Baru Melahirkan